PENDAHULUAN
1.1
LATAR
BELAKANG
Kebutuhan akan pengambilan sebuah keputusan
yang cepat dan akurat, persaingan yang ketat, serta pertumbuhan dunia usaha
menuntut dukungan penggunaan tekhnologi mutakhir yang kuat dan handal. Dalam
konteks ini keberhasilan organisasi akan sangat dipengaruhi oleh kemampuan
dalam memanfaatkan teknologi informasi secara optimal. Sukses auditor internal
sangat tergantung kepada kemampuan menyumbang nilai terhadap organisasi melalui
pemanfaatan tekhnologi informasi secara efektif.
1.2
RUMUSAN
MASALAH
Rumusan masalah dalam makalah sehingga
pemakalah dapat menulis dan menyelesaikan makalah ini yaitu:
1.
Apa
yang dimaksud dengan Operating System?
2.
Apa
tujuan, keamanan, dan ancaman terhadap Operating System?
3.
Bagaimana
mengendalikan system jaringan?
1.3
PEMBATASAN
MASALAH
Dalam penyusunan makalah ini akan kami
kemukakan pembatasan masalahnya. Adapun masalah yang kami bahas dalam makalah
ini adalah
1. Pengertian dari Audit Teknologi Sistem
Informasi.
2. Konsep, proses, teknik, dan regulasi dari
Audit Teknologi Sistem Informasi.
3. Standar dan kerangka kerja Audit Teknologi
Sistem Informasi.
4. Konsep dari manajemen resiko terhadap Audit
Teknologi Sistem Informasi.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Security : Auditing Operating Systems and Network
Operating System: program kontrol komputer, yang mengedalikan “users”
dan aplikasi dalam berbagi dan mengakses sumber daya komputer umum, seperti processors, main memory, database, dan
printer.
2.1.1 Tujuan OS:
1. Menerjemahkan bahasa
pemrograman tingkat tinggi kedalam bahasa yang dapat dieksekusi komputer. Modul
yang melakukan ini disebut compilers
dan interpreters
2. Mengalokasikan sumber daya
kepada users, workgroups, dan
aplikasi.
3. Mengelola tugas penjadwalan
pekerjaan dan multiprograming, sesuai
prioritas dan kebutuhan akan resource yang tersedia.
2.1.2 5 Syarat
kendali fundamental OS:
1.
OS mampu melindungi diri dari users, berupa kendali, hal-hal yang merusakk OS, yang menyebabkan
OS berhenti bekerja atau menyebabkan kerusakan data
2.
Melindungi users terhadap
users lainnya, sehingga tidak dapat
saling mengakses, menghancurkan, atau merusak data atau program.
3.
Melindungi users terhadap
dirinya sendiri, misalnya module atau aplikasi yang saling merusak.
4.
Melindungi diri sendiri dari OS itu sendiri, seperti
modul-modul individual yang mungkin dapat saling merusak.
5.
Dilindungi dari lingkungan, seperti hilangnya sumber tenaga
maupun bencana lainnya, termasuk bentuk perlindungan setelah kejadian dimana OS
dapat pulih kembali.
2.1.3 Keamanan OS
Berupa kebijakan, prosedur,
dan kendali yang menetukan siapa saja yang dapat mengakses OS, resource (file, program, printer, dll)
yang dapat mereka gunakan, dan tindakan apa yang dapat dilakukan.
Komponen Keamanan OS:
1. Prosedur Log-On
2. Access Token
3. Access Control List
4. Discretionary Access Privileges
Ancaman Terhadap OS
1. Penyalahgunaan wewenang akses
2. Individu (eksternal maupun
eksternal) yang memanfaatkan kelemahan keamanan
3. Individu yang baik sengaja
maupun tidak, memasukkan virus atau program merusak lainnya kedalam OS
Audit Tests terhadap OS:
1.
Controlling Access Previleges: Auditor harus memvirifikasi
bahwa pemberian access previleges sesuai dengan kebutuhan akan pemisahan fungsi
dan kebijakan organisasi
2. Password Control: Memastikan
bahwa password terlindungi dengan baik, baik dari kelalaian pengguna (lupa,
Post-it syndrome, password yang sederhana) maupun model sekurity password.
Password yang dapat digunakan kembali (Reuseable
password) haruslah sulit ditebak serta bentuk kesalahan user dalam
memasukkan password harus dikelola dengan baik, misalnya tidak memberitahukan
user kesalahan password yang dibuat, apakah ID atau passwordnya. Selain itu,
batasan kesalahan log-on juga harus diatur. Password sekali pakai (One-Time Password) lebih terlindungi
karena walaupun dapat diretas, password tidak dapat digunakan kembali setelah
melewati waktu tertentu. Keamanannya juga berlapis karena masih terdapat PIN.
3.
Pengendalian terhadap program yang berbahaya dan merusak:
pengendalian ini dapat berupa keamanan yang tangguh maupun prosedur
administrasi yang baik. Beberapa bentuk audit terhadap pengendalian ini adalah:
mengetahui tingkat pemahaman personel terhadap virus dan sejenisnya serta cara
penyebarannya; memastikan bahwa software yang digunakan telah diuji sebelumnya
dalam sistem yang terpisah serta diperoleh dari sumber yang dipercaya;
memastikan bahwa antivirus/sekuriti yang digunakan adalah versi terbaru dan
update.
2.1.4 Kendali
Atas Jejak Audit Sistem: Catatan atas aktivias sistem, aplikasi, dan pengguna.
1. Keystroke Monitoring
(keystroke: tombol pada keyboard)
2. Event Monitoring
2.1.5 Tujuan
Jejak Audit:
-
Mendeteksi Akses yang tidak sah
-
Merekonstruksi kejadian
-
Menjaga akuntabilitas pengguna
2.1.6 Tujuan
audit terhadap jejak audit: memastikan bahwa jejak audit cukup memadai untuk mencegah
atau mendeteksi penyalahgunaan, merekonstruksi kejadian, dan merencanakan
alokasi sumber daya. Beberapa hal yang harus dilakukan adalah dengan menguji
apakah log (jejak audit) ini dapat diakses oleh user yang tidak sah, apakah
catatan dibuat secara berkala, apakah catatan merepresentasi aktivitas secara
lengkap.
2.2 MENGAUDIT JARINGAN
2.2.1 Intranet
/Jaringan Lokal (LAN) Risk:
o sniffing: mencegat arus informasi
o Akses ilegal ke Database
o Penyalahgunaan Prefileged
Access
Keengganan
untuk mengusut: perusahaan, atas alasan menjaga nama baik, terkadang enggan untuk
mengusut kasus pembobolan sistem dan informasi mereka.
2.2.2 Internet
Risk:
-
IP Spoofing: penyamaran/meniru IP atau
identitas komputer user untuk memperoleh akses atau melakukan sesuatu tanpa
ingin diketahui identitasnya (jejaknya). Umumnya dilakukan dengan menyamar
sebagai komputer yang ditelah dikenal oleh korban.
-
Serangan yang mematikan
layanan (Denial of Service Attack “DOS”):
·
SYN Flood Attack - Memanfaatkan Paket SYNchronize-ACKnowledge
(SYN-ACK), penyerang memulai koneksi kepada server, kemudian dibalas dengan
SYN. Penyerang sebagai receiving server tidak akan membalas dengan ACK sehingga
server organisasi menjadi sibuk dengan paket yang tidak dapat ditindaklanjuti
dan tidak dapat memproses paket yang lain (dari kostumer/clien sebenarnya).
Firewall dapat saja mem-blokir alamat yang melakukan Flood Attack, tetapi
apabila dikombinasikan dengan IP spoofing, maka akan menjadi lebih sulit karena
penyerang akan terus dianggap sebagai alamat yang berbeda.
·
Smurf Attack: melibatkan Perperator
(sebagai penyerang), intermediary, dan victim. Ping (sejenis sonar dalam
jaringan untuk menguji koneksi) dikirimkan oleh perperator (yang menyamar (IP
Spoofing) sebagai victim) kepada intermediary. Intermediary yang jumlahnya
banyak dan berada pada subnetwork dari victim, mengirimkan kembali pantulan
ping kepada victim. Hal ini membebani lalu lintan data victim dan dapat
membuatnya tidak dapat digunakan sebagaimana seharusnya.
·
Distributed Denial of Service
(DDos): perperator
menciptakan bot atau zombie dalam komputer yang terhubung pada jaringan
internet (dalam modul, kasusnya adalah IRC). Komputer-komputer yang telah
ditanamkan zombie (disebut botnet) dikendalikan oleh perpetaor dengan zombie control program untuk melakukan
serangan yang dapat berupa SYN Flood atau
smurf attack. Karena jumlahnya
berkali lipat, serangan ini lebih berbahaya.
2.2.3 Alasan
Melakukan Dos Attack: menghukum organisasi atau sekedar pamer kemampuan. Alasan
keuangan juga bisa menjadi alasan, dengan melakukan serangan dan kemudian
meminta bayaran untuk menarik serangan tersebut.
2.2.4 Risiko
Kegagalan Peralatan: selain risiko diatas, Data juga berisiko untuk terganggu,
rusak, atau hancur akibat terganggunya sistem komunikasi antara senders dan
receivers. Kerusakan peralatan juga dapat menyebabkan hilangnya database dan
program yang tersimpan di server jaringan.
2.3 MENGENDALIKAN JARINGAN
2.3.1 Mengendalikan
risiko dari gangguan (subversive threats)
-
Firewall: sistem yang memaksa kendali
akses antara dua jaringan, dimana setiap lalu lintas jaringan harus melewati
jaringan dan hanya yang diotorisasi yang dapat melewatinya. Firewall harus
kebal dari upaya pembobolan baik dari dalam maupun luar.
·
Network-level Firewall: keamanan yang
efisien tapi lemah, bekerja dengan menyaring permintaan akses berdasarkan
aturan yang telah diprogramkan
·
Application-level Firewall: sistem yang
berkerja dengan cara menjalankan perangkat keamanan berupa proxi yang
memperbolehkan layanan rutin untuk lewat, tatapi mampu menjalankan fungsi yang
canggih seperti otentifikasi users serta menyediakan log transmisi dan alat
audit untuk melaporkan aktivitas yang tidak diotorisasi.
Firewall berlapis juga memungkinkan untuk digunakan.
-
Mengendalikan DOS:
·
Smuff Attack: mengabaikan paket dari situs penyerang segera
setelah alamatnya diidentifikasi
·
SYN Flood: (1) Firewall akan menolak semua paket yang berasal
dari alamat yg tidak teridentifikasi (2) Software keamanan yang mampu
mendeteksi pesan yang tidak diikuti paket ACK, dan segera mengembalikan koneksi
yang tidak terbalas.
·
DDos: Intrusion
Prevention System (IPS) yang menjalankam deep packet inspection (DPI) dan mengevaluasi keseluruhan isi dari
paket pesan. Berbeda dengan inspeksi normal, dengan menginspeksi keseluruhan
isi lebih dalam, DPI mampu mengidentifikasi dan mengklasifikasikan paket jahat
untuk kemudian ditahan dan diarahkan ke tim keamanan.
-
Enkripsi: mengkonversi data menjadi
kode rahasia baik dalam penyimpanan maupun transmisi.
·
Private Key Encription vs
Public Key Encryption: Sender membutuhkan Public Key receiver untuk meng-encoding
dan mengirim pesan, sedangkan Private Key receiver digunakan untuk
meng-decoding pesan agar dapat terbaca. (Figure 3.6)
-
Tanda Tangan Digital (Digital
Signature):
otentifikasi elektronik yang tidak dapat ditiru. Cara kerja (Figure 3.7)
-
Sertifikat Digital (Digital
Certificate):
memverifikasi identitas pengirim. Digital Certificate dikeluarkan oleh
certification authority (CA). Digital Certificate dikirimkan kepada receiver
dan dienkrip dengan CA public key untuk memperoleh sender publick key.
-
Penomoran Urutan Pesan
(Message Sequence Numbering): untuk menanggulangi pesan yang dihapus, diubah urutannya,
atau diduplikasi oleh penggangu, maka nomor urut ditanamkan pada tiap2 pesan.
-
Log Transaksi Pesan (Message
Transaction Log): setiap pesan masuk dan keluar, serta upaya akses terhadap pesan dicatat
dalam log transaksi pesan. Log tersebut mencatat user ID, waktu akses, dan asal
atau nomor telepon dimana akses berasal.
-
Teknik Permintaan Respon
(Request-Response Technique): pesan kendali dari
sender dan respon dari penerima dikirim secara periodik, interval yang
tersinkronisasi. Pewaktuan pesan bersifat random sehingga sulit diperdaya.
-
Call-Back Device: otentifikasi sebelum
koneksi terjadi, dimana sistem akan memutus dan membalas permintaan koneksi
dengan menghubungi caller melalui
koneksi baru.
2.3.2 Tujuan
Audit yang berhubungan dengan Subversive Threats: menjamin keamanan dan keabsahan
transaksi financial dengan menentukan apakah network kontrol:
1. Mendeteksi dan mencegah akses
ilegal baik dari dalam maupun dari luar
2. Setiap data yang berhasil
dicuri menjadi tidak berguna
3. Secara layak menjamin integritas
dan keamanan fisik dari data yang terkoneksi ke jaringan
Beberapa contoh upaya audit
terhadap Subversive Threads:
o menilai kemampuan firewall
o menguji kemampuan IPS dengan
DPI
o Mereview kebijakan
administratif penggunaan data encription key
o Mereview log transaksi pesan,
apakah semua pesan sampai tujuan
2.3.3 Mengendalikan
Risiko dari Kegagalan Peralatan:
o Line Errors: rusaknya data (bit structure) kerena gangguan dari saluran
komunikasi.
o Echo Check: receiver mengembalikan pesan kepada sender untuk
dibandingkan.
o Parity Check: penambahan ekstra bit dalam pesan. Jumlah parity bit (1
maupun 0) haruslah sama dari saat dikirim dengan saat diterima. Hanya saja,
terkadang, gangguan dapat mengubah bit secara simultan, sehingga error tidak
terdeteksi. Antara Vertical Parity Bit dan Horizontal Parity Bit, Horizontal
cenderung lebih dapat diandalkan. (Figure 3.8)
2.4 ELECTRONIC
DATA INTERCHANGE (EDI)
2.4.1 EDI:
supplier dan
customer sebagai trading partner membentuk perjanjian dimana: pertukaran
informasi yang dapat diproses dengan computer antar perusahaan dalam format
standar. Dalam EDI, transaksi diproses secara otomatis, bahkan dalam EDI murni,
keterlibatan manusai dalam otoriasi transaksi ditiadakan. Bentuk EDI (Figure
3.9) dan EDI yang menggunakan Value-Added Network (Figure 3.10)
2.4.2 Keuntungan EDI:
o
Data Keying: mengurangi kebutuhan
entri data
o
Error Reduction: mengurangi
kesalahan interpretasi dan klasifikasi manusia, dan kehilangan dokumen
o
Pengurangan kertas
o
Mengurangi biaya pengiriman dokumen
o
Otomatisasi Prosedur
o
Pengurangan persedian
Financial EDI: menggunakan Electronic
Funds Transfer (EFT) lebih kompleks daripada EDI pada pembelian dan
penjualan. Bentuknya adalah sebagai berikut (Figure 3.13)
EDI pembeli menerima tagihan
pemebelian dan secara otomatis menyetujui pembayaran. Pada tanggal pembayaran,
sistem pembeli secara otomatis membuat EFT kepada bank sumber (OBK). OBK
mentransfer dana dari rekening pembeli kepada Bank Penampungan (ACH). ACH
kemudian mentransfer dana tersebut kepada RBK, yaitu rekening penjual.
Masalah dapat muncul karena
cek transfer dana biasanya untuk pembayaran beberapa tagihan, atau hanya
sebagian, perbedaan persetujuan harga, kerusakan barang, atau pengiriman yang
belum diselesaikan. Permasalahan ini biasanya diselesaikan dengan pesan
melekat.
2.4.3 EDI
Control:
1. VAN dibekali dengan proses
validasi ID dan password yang memachingkan antara vendor dengan file pelanggan.
2. Translation Software akan
memvalidasi trading partner’s ID dan password dengan file validasi di database
perusahaan
3. Sebelum memproses, software
aplikasi lawan transaksi mereferensikan file pelanggan dan vendor yang valid
untuk memvalidasi transaksi.
Access Control:
agar
berjalan dengan lancar, setiap partner harus berbagi akses terhadap data file
private yang sebelumnya (dalam cara tradisional) tidak diperbolehkan. Untuk
itu, pengaturan mengenai seberapa dalam akses dapat diberikan harus diatur
secara jelas. Selain itu, perlindungan juga harus dibuat misalnya data
persediaan dan harga dapat dibaca tetapi tidak dapat diubah.
EDI Audit Trail (Jejak Audit): hilangnya penggunaan dokumen
menharuskan EDI memiliki control log. (Figure 3.14)
2.4.4 Tujuan
Audit Terhadap EDI:
o menguji terhadap Kendali Otorisasi dan Validasi
o menguji Access Control
o menguji kendali Jejak Audit
2.5.1 Risiko
dan Kendali PC System:
o Kelemahan OS
o Access Control yang lemah
o Pemisahan Tugas yang tidak
cukup
o Multilevel Password Control
o Risiko kecurian
o Prosedur Backup yang lemah
o Risiko terinfeksi Virus
2.5.2 Tujuan
Audit yang berhubungan dengan keamanan PC
o Memastikan bahwa control pada
tempatnya untuk melindungi data, program, dan komputer dari akses yang tidak diinginkan,
manipulasi, penghancuran, dan pencurian
o Memastikan pengawasan yang
cukup dan adanya prosedur operasional untuk mengkompensasi kurangnya pembagian
tugas, programer, dan operator.
o Memastikan prosedur backup dapat
mencegah kehilangan data dan program yang diakibatkan kegagalan sistem, eror,
dan sejenisnya.
o Memastikan bahwa prosedur
pemilihan dan perolehan sistem menghasilkan aplikasi yang berkualitas tinggi
dan terlindungi dari perubahan yang tidak diinginkan
o Memastikan bahwa sistem bebas
dari virus dan dilindungi secara memadai untuk meminimalkan risiko terindeksi
virus atau sejenisnya.
2.5.4 Beberapa
prosedur dalam mengaudit keamanan PC
o Meninjau apakah PC secara
fisik terlindungi untuk mengurangi peluang dicuri
o Memastikan dari bagan
organisasi, apakah programer dari sistem akuntansi tidak terlibat sebagai
pengguna sistem tersebut. Dalam organisasi yang lebih kecil, pengawasan yang
memadai ada untuk mengimbangi kelemahan pembagian tugas tersebut.
o Auditor mengkonfirmasi apakah
transaksi yang diproses, daftar akun yang diupdate, dan total control disiapkan,
didistribusikan, dan direkonsiliasi oleh manajemen yang tepat dalam interval
rutin dan tepat waktu.
o Dimana harus diaplikasikan,
auditor menentukan bahwa kendali multilevel password digunakan untuk membatasi
akses data dan aplikasi sesuai dengan deskripsi pekerjaan.
o Jika ada, hardisk eksternal
dan removeable dilepas dan disimpan
di tempat yang aman saat tidak digunakan.
o Dengan menguji sampel backup,
auditor memverifikasi apakah prosedur backup dilaksanakan dengan benar. Dengan
membandingkan isi data dan tanggal pada tempat backup dengan file asal, auditor
dapat mengetahui frekuensi dan kecukupan prosedur backup. Jika menggunakan
media backup online, auditor harus memastikan bahwa kontraknya masih berlaku
dan sesuai dengan kebutuhan organisasi.
o Dengan sampel PC, auditor
memastikan bahwa paket software komersial diperoleh dari vendor yang terpercaya
dan merupakan salinan sah. Proses perolehan sendiri harus mengakomodasi
kebutuhan organisasi
o Antivirus haruslah terinstal
pada setiap perangkat komputer dan pengaktivannya merupakan bagian dari
prosedur startup saat komputer dinyalakan. Hal ini untuk memastikan bahwa
setiap sekmen penting dari hard disk diperiksa sebelum data apapun ditransfer
melalui jaringan. Setiap perubahan software (update) harus terlebih dahulu
dicek terhadap virus sebelum digunakan. Domain publik discan terhadap virus
sebelum digunakan. Dan antivirus versi terkini haruslah tersedia untuk semua
user.
BAB III
DAFTAR PUSTAKA
http://dinus.ac.id/repository/docs/ajar/Davis_-_IT_Auditing_-_2011.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar