Sejarah Animasi Dunia
1.
Sejarah mencatat pada tahun 30.000 SM (sebelum
masehi) terdapat lukisan didinding goa di Spanyol yaitu gambar babi hutan
dengan kaki berjumlah delapan. Hal ini menandakan orang dahulu sudah memikirkan
cara menggambarkan sesuatu yang bergerak dengan menggunakan gambar yang
bertumpuk.
2.
Pada tahun 1.600 SM di Yunani dan Mesir
orang-orang sudah bisa menggambarkan gerakan dengan gambar yang berurutan. Hal
ini di buktikan dengan lukisan di dinding piramida dan juga pada perabotan
rumah tangga mereka.
3.
Selanjutnya pada tahun 1824 ditemukan sebuah
alat sederhana bernama THAUMATROPE. Alat ini berbentuk lempengan dengan dua
sisi saja seperti uang logam. Saat diputar dengan cepat tentunya kedua sisi itu
akan memberikan kesan satu permukaan/ satu gambar.
4.
Pada tahun 1831 ditemukan alat lagi yaitu
PHENAKISTOSCOPE. Alat ini berbentuk seperti kipas tangan, dengan gambar yang
berurutan pada satu sisinya. Dan juga terdapat beberapa lubang untuk melihat
adegannya saat diputar. Bila dilihat langsung tanpa lubang maka kita tidak bisa
melihat gerakan pada alat ini. Namun bila dilihat dari balik lubang dan
dipantulkan ke cermin maka kita bisa melihat gerakannya.
5.
Pada tahun 1867 ditemukan alat yang mirip dengan
sebelumnya. Namanya ZOETROPE, atau biasa juga disebut dengan WEEL OF LIFE. Cara
kerja alat ini mirip dengan alat sebelumnya, namun sekarang berbentuk tabung.
Sehingga adegannya bisa diganti-ganti.
6.
Tahun 1877 dilanjutkan dengan alat bernama
PRAXINOSCOPE. Alat ini juga berbentuk tabung dan adegannya bisa di ganti-ganti
dengan roll film baru. Bedanya ada pada bagian tengah roda. Ditengahnya
terdapat cermin yang diposisikan bersilangan. Hal ini menggantikan teknik
lobang yang sebelumnya digunakan untuk melihat adegan. Pada perkembangannya
alat ini bisa memutar animasi dengan durasi yang lebih lama dengan cara
dibesarkan ukuran tabungnya. Dan juga dengan modifikasi akhirnya bisa di
pancarkan ke dinding dengan menggunakan lampu dan cermin. Jadilah proyektor
sederhana.
7.
Tahun 1868. Selanjutnya setelah teknik dan
teknologi fotografi ditemukan maka hal ini juga berpengaruh apada teknologi
animasi. Animasi sudah bisa di tampilkan dengan cara di foto terlebih dahulu
kemudian di proyeksikan. Teknik ini disebut dengan flipbook, atau animasi pada
lembaran kertas yang bisa di lihat dengan cara dibuka dengan cepat.
8.
JAMES STUART BLACKTON seorang tukang gambar
(ilustrator) dari koran di New York mencoba membuat animasi stopmotion dengan
menggunakan kapur tulis dan kamera foto.
Disini James membuat adegan orang yang sedang merokok, seluruh adegan
dan efek asapnya dibuat dengan kapur tulis. Film yang dia buat diberi judul:
Humorous Phases of Funny Faces (1906)
9.
Tahun 1924, seorang ilustrator bernama Winsor Mc
Cay membuat film animasi yang berjudul Gertie The Dinosaur. Film ini berdurasi
lebih panjang dari film-film animasi yang sudah ada sebelumnya. Oleh sebab itu
film ini layak di tayangkan di bioskop pada masa itu. Dan karenanya mana Winsor
Mc Cay dinobatkan sebagai bapak animasi dunia.
10. Tahun 1928 Walt Disney mengeluarkan film animasi
yang sudah memiliki suara. Film pertama yang bersuara ini diberi judul
Steamboat willie. Didalam film ini Walt Disney mengenalkan sosok Mickey tikus
yang kita kenal sampai sekarang. Selang satu tahun, yaitu tahun 1929, Walt Disney
mengeluarkan lagi film musikal berjudul The Skeleton Dance. Film ini
menceritakan adegan menari para tengkorak, dan tentu saja adegannya sangat lucu
dan menarik.
11.
Tahun 1932 Walt disney kembali mengeluarkan film
animasi dengan judul Flowers & Trees. Dan menariknya, film animasi ini
sudah menggunakan teknik pewarnaan. Sehingga lengkaplah sudah semua teknik
dasar untuk sebuah film. Yaitu ada suara dan ada warnanya.
12. Tahun 1936 Mulai bermunculan studio animasi
baru. Diantaranya ada studio Warner bros yang mengeluarkan film Bugs Bunny.
13. Tahun 1937 Kembali Walt Disney mengeluarkan film
animasi musikal yang sampai sekarang selalu dikenang, yaitu “Snow white and the
seven dwarfs” atau Putri salju dan tujuh kurcaci.
14.
Berikutnya muncul lagi studio animasi baru yang
mengeluarkan film animasi Scuuby Doo. Tentu anda sangat akrab dengan film
animasi ini karena sampai sekarang film ini masih sering ditayangkan di stasiun
TV kita. Studio animasi itu adalah HANNA-BARBERA tahun 1970
15. Pada tahun 1995 sebuah film animasi CGI
(Computer generated Imagery) muncul dengan judul Toy Story. Film 3D pertama ini
dibuat oleh Studio Pixar. Sampai sekarang Pixar selalu mengeluarkan film-film
animasi CGI yang berkualitas, seperti Finding Nimo, Mr Incredibles, Cars, dan
lain-lain.
16. Selanjutnya tahun 2001 studio Dreamworks juga
mengeluarkan film animasi CGI pertamanya berjudul Shrek. Dan sampai sekarang
juga Dreamworks animation selalu mengeluarkan film-film animasi CGI yang
berkualitas, seperti: Kungfu panda, How to train your dragon, Madagascar, Bee
the movie, dll
Hingga kini teknik animasi selalu
dipakai baik dalam film layar lebar maupun film-film televisi. Perkembangan
film animasi sangatlah pesat.
PEMBUATAN ANIMASI DI INDONESIA
Film
animasi, atau biasa disingkat animasi saja, adalah film yang merupakan hasil
dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari
berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-"putar" sehingga
muncul efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer,
pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini
lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2
dimensi.
Wayang
kulit merupakan salah satu bentuk animasi tertua di dunia. Bahkan ketika
teknologi elektronik dan komputer belum diketemukan, pertunjukan wayang kulit
telah memenuhi semua elemen animasi seperti layar, gambar bergerak, dialog dan ilustrasi
musik.
Proses
pembuatan animasi
Ada
dua proses pembuatan film animasi, di antaranya adalah secara konvensional dan
digital. Proses secara konvensional sangat membutuhkan dana yang cukup mahal,
sedangkan proses pembuatan digital cukup ringan. Sedangkan untuk hal perbaikan,
proses digital lebih cepat dibandingkan dengan proses konvensional. Tom Cardon
seorang animator yang pernah menangani animasi Hercules mengakui komputer cukup
berperan. "Perbaikan secara konvensional untuk 1 kali revisi memakan waktu
2 hari sedangkan secara digital hanya memakan waktu berkisar antara 30-45
menit. Dalam pengisian suara sebuah film dapat dilakukan sebelum atau sesudah
filmnya selesai. Kebanyakan dubbing dilakukan saat film masih dalam proses,
tetapi kadang-kadang seperti dalam animasi Jepang, sulih suara justru dilakukan
setelah filmnya selesai dibuat.
Perkembanan
Animasi Indonesia
Perkembangan
industri kreatif pada bidang animasi sidah semakin meluas dan semakin banyak
animator-animator dan indonesia yang semakin handal dalam pembuatan film
aimasi, tetapi sebenarnya perkembangan animasi di indonesia sekarang itu
seperti apa sih. jadi animasi indonesia telah berkembang sesuai dengan
kebutuhan penggunanya.
Bagi
animator indonesia, kesalahan kondisi ini dilemaparkan kepada ketiadaan
dukungan para pemangku kepentingan pada film animasi nasional, dan murahnya
harga beli film
[serial]
animasi oleh sebuah stasiun televisi. Murahnya harga belu film animasi sangat
jauh
dari mimpi animasor indonesia yang menginginkan keuntungan dengan sekali jual
karyanya ke satu stasiun televisi.
Kemandirian
produksi yang dimana belum dapat pada film animasi indonesia, yang menjadikan, profesi
animator yang ada indonesia belum dipercaya sebagai media berekspresi sekaligus
sebagai profesi, dari salah satu halnya banyak animator yang lebih suka kerja
sendiri, sehingga dapat meminimalisir terjadinya kesalahan karena orang lain.
Artinya
:
[aktor
yang mewakilkan dirinya melalui karya animasi yang dibuatnya], sekaligus
penulis cerita, penulis skrip, sutradar, editor jika diperlukan pengisi musik,
dan dialog, kalau dilihat banyak berkembang dan membaik tapi masih banyak
masalah dan kendala - kendala yang dihadapi oleh para animaor indonesia, selain
tenaga nya secara pembuatan, alat teknologi kita yang kurang mendukung,
harusnya pemenrintah harus ikut andil.
Animasi
Buatan Indonesia
Berikut
ini adalah animasi buatan indonesia yang tidak kalah jauh dengan buatan
luar/negara lain, dan sudah di dukung
oleh tv nasional.
1.
Petualang
si Adi
Petualang
si Adi menjadi film 3D yang istimewa,
dikarna kan kisah petualanganya seorang siswa SMK. Film laga komedi : berkisah
tentang petualangan seorang anak SMK mencari pusaka – pusaka di nusantara.
Tokoh adi temani robotnya yang canggih, B10, mereka menumpas kejahatan yang
ditebarkan oleh raja kegelapan kokar.
Pembuatan
:
Diproduksi oleh Batavia Pictures
bekerja sama dengan Castle Production.
2.
Binekon
Binekon
adalah animasi buatan oktodia mardoko dna haryadhi yang tergabung dalam
belantara studio. Kisah-kisah yang diangkat dalam animasi ini adalah kisah
dengan muatan Nusantara. Binekon sendiri berrtu Bineka Icon, yang berisikan
kontekn-konten yang muatan Biaya Indonesia.
3.
Asia Raya
Asia
Raya menceritakan / mengisahkan tentang spansi tentara jepang ke Indonesia.
Animasi ini mengambil dari sudut pandang prajurit jepang yang sangat percaya
dengan sebuah ramalan tua tentang nasib Nusatara.
Pembuatan
:
[Diproduksi
Crymsonite Pictures dan Distrudai Oleh Anka Atmawijaya]
Itulah salah 3 animasi
keren buatan anka muda bangsa kita, banyak macam cerita nya berbeda beda dengna
storybord yang asik.
SOFTWARE PEMBUATAN ANIMASI
1.
ADOBE FLASH (2D)
Flash merupakan software animasi terbaik untuk membuat gambar
bergerak 2D (2 dimensi) yang dikembangkan oleh Adobe. Saya katakan terbaik
karena memang software animasi Flash ini memiliki banyak fitur, dan bukan hanya
fitur melainkan juga tutorial. Jadi ketika Anda membeli software ini, maka Anda
tak perlu takut tidak bisa menggunakannya, karena diluar sana, baik di Youtube
maupun di situs resmi Adobe, semua tutorial dari dasar penggunaan sampai ke
tingkat lanjut sudah disediakan dan siap untuk didownload.
Untuk kekurangan dari software ini saya belum menemukan, mungkin
dari harganya yang kurang murah, karena Adobe Flash Professional CC dibanderol
dengan harga $699 dan untuk kelebihan diantaranya adalah sebagai berikut :
·
Navigasi yang mudah
·
Bisa untuk membuat game
·
Bisa langsung memasukkan video
2.
ANIME STUDIO (2D)
Untuk Anda pecinta
anime atau kartun jepang, dan mungkin tertarik untuk membuat anime versi Anda
sendiri ? maka software Anime Studio ini layak dan patut untuk Anda coba. Sesuai
namanya, software yang satu ini memang dirancang bukan hanya untuk menggambar
namun juga untuk membuat video anime. Untuk harga Anda bisa sedikit lega,
karena tidak semahal Flass Pro, yaitu dengan harga $49.99.
Salah satu hal yang membuat saya suka dengan software ini adalah
kemampuannya untuk memberikan efek bayangan, dan bahkan Anime Studio v.9.5
(versi terbaru) sudah terdapat fitur untuk menggambar dengan vector, jadi
gambar yang dihasilkan akan sangat jelas alias tidak pecah-pecah.
Masih banyak fitur
keren lain yang ada di Anime Studio ini, diantaranya adalah :
·
Bone Rigging (mampu menggambar
animasi di tiap frame)
·
FBX Support (untuk mengeskport
hasil animsi ke unity (untuk dibuat game)
3.
MAYA (3D)
Software animasi yang
satu ini sama sekali tidak saya sarankan untuk Anda yang masih pemula, karena
dari tampilan atau istilah teknisnya UI (user interface) menurut saya pribadi
tidak terlalu User Friendly. Hal ini jelas akan membuat Anda kesusahan ketika
ingin membuat sebuah animasi menggunakan Software Maya 3D ini.
Namun jika Anda sudah
memiliki mentor atau paling tidak buku panduan, bisa ebook atau buku asli, maka
saya yakin Anda akan mampu membuat animasi kelas dunia. Karena memang pada
dasarnya software maya dibuat untuk orang-orang yang bekerja di dunia film.
Harga untuk Software Maya adalah $1,995 atau jika dirupiahkan setara dengan 23
juta.
Fitur terbaik yang ada di Maya antara
lain:
·
Bifrost Procedural Effects
Platform (untuk melakukan rendering secara detail)
·
XGen Arbitrary Primitive Generator
(untuk membuat rambut otomatis)
·
Geodesic Voxel Binding (untuk
membuat tokoh animasi)
LIGHTWAVE (3D)
Tidak jauh berbeda dengan Maya, Ligthwave juga merupakan salah satu
software yang sangat ampuh untuk membuat animasi 3D. Hal ini dikarenakan ada banyak
sekali fitur yang bisa Anda gunakan, dan kabar baiknya adalah Lightwave bisa
Anda coba selama 30 Hari pertama (trial).
Untuk Anda pengguna Mac OSX boleh berbangga, karena software
Lightwave tidak hanya tersedia untuk Windows, namun juga sudah bisa diunduh dan
digunakan untuk pengguna Apple Mac OSX. Namun jangan bangga dulu, karena harga
dari software ini hampir setara dengan harga komputer Anda tersebut, yaitu
seharga $995.
5.
MonkeyJam
Perangkat lunak animasi
gratis yang membantu pengguna menciptakan animasi dengan mudah. Salah satu
software animasi yang paling berguna yang memungkinkna pengguna untuk merekam
animasi mereka sendiri dengan menggunaka fitur stop motion
Sqirlz Morph adalah
salah satu aplikasi animasi gratis terbaik yang tersedia secara gratis di
internet. Aplikasi ini adalah utilitas animasi yang sangat sederhana yang
memungkinkan pengguna mengediit atau morphing beberapa gambar dan video dengan
mudah. Aplkasi ini mendukung system operasi Windows
terima kasih, sejarah tersebut akan membantu saya untuk lebih memahami tentang animasi,dan akan memudahkan pembelajaran di jenjang SMK ini...moga sukses terus
BalasHapus