Sabtu, 01 April 2017

Sejarah Perkembangan Animasi Di Dunia dan Indonesia

Sejarah Animasi Dunia
1.   Sejarah mencatat pada tahun 30.000 SM (sebelum masehi) terdapat lukisan didinding goa di Spanyol yaitu gambar babi hutan dengan kaki berjumlah delapan. Hal ini menandakan orang dahulu sudah memikirkan cara menggambarkan sesuatu yang bergerak dengan menggunakan gambar yang bertumpuk.

2.   Pada tahun 1.600 SM di Yunani dan Mesir orang-orang sudah bisa menggambarkan gerakan dengan gambar yang berurutan. Hal ini di buktikan dengan lukisan di dinding piramida dan juga pada perabotan rumah tangga mereka.


3.    Selanjutnya pada tahun 1824 ditemukan sebuah alat sederhana bernama THAUMATROPE. Alat ini berbentuk lempengan dengan dua sisi saja seperti uang logam. Saat diputar dengan cepat tentunya kedua sisi itu akan memberikan kesan satu permukaan/ satu gambar.


4.   Pada tahun 1831 ditemukan alat lagi yaitu PHENAKISTOSCOPE. Alat ini berbentuk seperti kipas tangan, dengan gambar yang berurutan pada satu sisinya. Dan juga terdapat beberapa lubang untuk melihat adegannya saat diputar. Bila dilihat langsung tanpa lubang maka kita tidak bisa melihat gerakan pada alat ini. Namun bila dilihat dari balik lubang dan dipantulkan ke cermin maka kita bisa melihat gerakannya.

5.   Pada tahun 1867 ditemukan alat yang mirip dengan sebelumnya. Namanya ZOETROPE, atau biasa juga disebut dengan WEEL OF LIFE. Cara kerja alat ini mirip dengan alat sebelumnya, namun sekarang berbentuk tabung. Sehingga adegannya bisa diganti-ganti.

6.    Tahun 1877 dilanjutkan dengan alat bernama PRAXINOSCOPE. Alat ini juga berbentuk tabung dan adegannya bisa di ganti-ganti dengan roll film baru. Bedanya ada pada bagian tengah roda. Ditengahnya terdapat cermin yang diposisikan bersilangan. Hal ini menggantikan teknik lobang yang sebelumnya digunakan untuk melihat adegan. Pada perkembangannya alat ini bisa memutar animasi dengan durasi yang lebih lama dengan cara dibesarkan ukuran tabungnya. Dan juga dengan modifikasi akhirnya bisa di pancarkan ke dinding dengan menggunakan lampu dan cermin. Jadilah proyektor sederhana.

7.  Tahun 1868. Selanjutnya setelah teknik dan teknologi fotografi ditemukan maka hal ini juga berpengaruh apada teknologi animasi. Animasi sudah bisa di tampilkan dengan cara di foto terlebih dahulu kemudian di proyeksikan. Teknik ini disebut dengan flipbook, atau animasi pada lembaran kertas yang bisa di lihat dengan cara dibuka dengan cepat.


8.   JAMES STUART BLACKTON seorang tukang gambar (ilustrator) dari koran di New York mencoba membuat animasi stopmotion dengan menggunakan kapur tulis dan kamera foto.  Disini James membuat adegan orang yang sedang merokok, seluruh adegan dan efek asapnya dibuat dengan kapur tulis. Film yang dia buat diberi judul: Humorous Phases of Funny Faces (1906)



9.   Tahun 1924, seorang ilustrator bernama Winsor Mc Cay membuat film animasi yang berjudul Gertie The Dinosaur. Film ini berdurasi lebih panjang dari film-film animasi yang sudah ada sebelumnya. Oleh sebab itu film ini layak di tayangkan di bioskop pada masa itu. Dan karenanya mana Winsor Mc Cay dinobatkan sebagai bapak animasi dunia.

10. Tahun 1928 Walt Disney mengeluarkan film animasi yang sudah memiliki suara. Film pertama yang bersuara ini diberi judul Steamboat willie. Didalam film ini Walt Disney mengenalkan sosok Mickey tikus yang kita kenal sampai sekarang. Selang satu tahun, yaitu tahun 1929, Walt Disney mengeluarkan lagi film musikal berjudul The Skeleton Dance. Film ini menceritakan adegan menari para tengkorak, dan tentu saja adegannya sangat lucu dan menarik.



11. Tahun 1932 Walt disney kembali mengeluarkan film animasi dengan judul Flowers & Trees. Dan menariknya, film animasi ini sudah menggunakan teknik pewarnaan. Sehingga lengkaplah sudah semua teknik dasar untuk sebuah film. Yaitu ada suara dan ada warnanya.


12. Tahun 1936 Mulai bermunculan studio animasi baru. Diantaranya ada studio Warner bros yang mengeluarkan film Bugs Bunny.

13. Tahun 1937 Kembali Walt Disney mengeluarkan film animasi musikal yang sampai sekarang selalu dikenang, yaitu “Snow white and the seven dwarfs” atau Putri salju dan tujuh kurcaci.


14.  Berikutnya muncul lagi studio animasi baru yang mengeluarkan film animasi Scuuby Doo. Tentu anda sangat akrab dengan film animasi ini karena sampai sekarang film ini masih sering ditayangkan di stasiun TV kita. Studio animasi itu adalah HANNA-BARBERA tahun 1970

15. Pada tahun 1995 sebuah film animasi CGI (Computer generated Imagery) muncul dengan judul Toy Story. Film 3D pertama ini dibuat oleh Studio Pixar. Sampai sekarang Pixar selalu mengeluarkan film-film animasi CGI yang berkualitas, seperti Finding Nimo, Mr Incredibles, Cars, dan lain-lain.




16. Selanjutnya tahun 2001 studio Dreamworks juga mengeluarkan film animasi CGI pertamanya berjudul Shrek. Dan sampai sekarang juga Dreamworks animation selalu mengeluarkan film-film animasi CGI yang berkualitas, seperti: Kungfu panda, How to train your dragon, Madagascar, Bee the movie, dll

Hingga kini teknik animasi selalu dipakai baik dalam film layar lebar maupun film-film televisi. Perkembangan film animasi sangatlah pesat.

PEMBUATAN ANIMASI DI INDONESIA
Film animasi, atau biasa disingkat animasi saja, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-"putar" sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.
Wayang kulit merupakan salah satu bentuk animasi tertua di dunia. Bahkan ketika teknologi elektronik dan komputer belum diketemukan, pertunjukan wayang kulit telah memenuhi semua elemen animasi seperti layar, gambar bergerak, dialog dan ilustrasi musik.

Proses pembuatan animasi
Ada dua proses pembuatan film animasi, di antaranya adalah secara konvensional dan digital. Proses secara konvensional sangat membutuhkan dana yang cukup mahal, sedangkan proses pembuatan digital cukup ringan. Sedangkan untuk hal perbaikan, proses digital lebih cepat dibandingkan dengan proses konvensional. Tom Cardon seorang animator yang pernah menangani animasi Hercules mengakui komputer cukup berperan. "Perbaikan secara konvensional untuk 1 kali revisi memakan waktu 2 hari sedangkan secara digital hanya memakan waktu berkisar antara 30-45 menit. Dalam pengisian suara sebuah film dapat dilakukan sebelum atau sesudah filmnya selesai. Kebanyakan dubbing dilakukan saat film masih dalam proses, tetapi kadang-kadang seperti dalam animasi Jepang, sulih suara justru dilakukan setelah filmnya selesai dibuat.

Perkembanan Animasi Indonesia
Perkembangan industri kreatif pada bidang animasi sidah semakin meluas dan semakin banyak animator-animator dan indonesia yang semakin handal dalam pembuatan film aimasi, tetapi sebenarnya perkembangan animasi di indonesia sekarang itu seperti apa sih. jadi animasi indonesia telah berkembang sesuai dengan kebutuhan penggunanya.
Bagi animator indonesia, kesalahan kondisi ini dilemaparkan kepada ketiadaan dukungan para pemangku kepentingan pada film animasi nasional, dan murahnya harga beli film
[serial] animasi oleh sebuah stasiun televisi. Murahnya harga belu film animasi sangat
jauh dari mimpi animasor indonesia yang menginginkan keuntungan dengan sekali jual karyanya ke satu stasiun televisi.
Kemandirian produksi yang dimana belum dapat pada film animasi indonesia, yang menjadikan, profesi animator yang ada indonesia belum dipercaya sebagai media berekspresi sekaligus sebagai profesi, dari salah satu halnya banyak animator yang lebih suka kerja sendiri, sehingga dapat meminimalisir terjadinya kesalahan karena orang lain.
Artinya :
[aktor yang mewakilkan dirinya melalui karya animasi yang dibuatnya], sekaligus penulis cerita, penulis skrip, sutradar, editor jika diperlukan pengisi musik, dan dialog, kalau dilihat banyak berkembang dan membaik tapi masih banyak masalah dan kendala - kendala yang dihadapi oleh para animaor indonesia, selain tenaga nya secara pembuatan, alat teknologi kita yang kurang mendukung, harusnya pemenrintah harus ikut andil.

Animasi Buatan Indonesia
Berikut ini adalah animasi buatan indonesia yang tidak kalah jauh dengan buatan luar/negara lain, dan  sudah di dukung oleh tv nasional.
1.      
      Petualang si Adi
Petualang si Adi menjadi film 3D  yang istimewa, dikarna kan kisah petualanganya seorang siswa SMK. Film laga komedi : berkisah tentang petualangan seorang anak SMK mencari pusaka – pusaka di nusantara. Tokoh adi temani robotnya yang canggih, B10, mereka menumpas kejahatan yang ditebarkan oleh raja kegelapan kokar.
Pembuatan :
            Diproduksi oleh Batavia Pictures bekerja sama dengan Castle Production.

 
2.      Binekon
Binekon adalah animasi buatan oktodia mardoko dna haryadhi yang tergabung dalam belantara studio. Kisah-kisah yang diangkat dalam animasi ini adalah kisah dengan muatan Nusantara. Binekon sendiri berrtu Bineka Icon, yang berisikan kontekn-konten yang muatan Biaya Indonesia.


3.      Asia Raya
Asia Raya menceritakan / mengisahkan tentang spansi tentara jepang ke Indonesia. Animasi ini mengambil dari sudut pandang prajurit jepang yang sangat percaya dengan sebuah ramalan tua tentang nasib Nusatara.
Pembuatan :
[Diproduksi Crymsonite Pictures dan Distrudai Oleh Anka Atmawijaya]


Itulah salah 3 animasi keren buatan anka muda bangsa kita, banyak macam cerita nya berbeda beda dengna storybord yang asik. 

SOFTWARE PEMBUATAN ANIMASI 
1.    ADOBE FLASH (2D)


Flash merupakan software animasi terbaik untuk membuat gambar bergerak 2D (2 dimensi) yang dikembangkan oleh Adobe. Saya katakan terbaik karena memang software animasi Flash ini memiliki banyak fitur, dan bukan hanya fitur melainkan juga tutorial. Jadi ketika Anda membeli software ini, maka Anda tak perlu takut tidak bisa menggunakannya, karena diluar sana, baik di Youtube maupun di situs resmi Adobe, semua tutorial dari dasar penggunaan sampai ke tingkat lanjut sudah disediakan dan siap untuk didownload.

Untuk kekurangan dari software ini saya belum menemukan, mungkin dari harganya yang kurang murah, karena Adobe Flash Professional CC dibanderol dengan harga $699 dan untuk kelebihan diantaranya adalah sebagai berikut :
·         Navigasi yang mudah
·         Bisa untuk membuat game
·         Bisa langsung memasukkan video



2.       ANIME STUDIO (2D)

Untuk Anda pecinta anime atau kartun jepang, dan mungkin tertarik untuk membuat anime versi Anda sendiri ? maka software Anime Studio ini layak dan patut untuk Anda coba. Sesuai namanya, software yang satu ini memang dirancang bukan hanya untuk menggambar namun juga untuk membuat video anime. Untuk harga Anda bisa sedikit lega, karena tidak semahal Flass Pro, yaitu dengan harga $49.99.

Salah satu hal yang membuat saya suka dengan software ini adalah kemampuannya untuk memberikan efek bayangan, dan bahkan Anime Studio v.9.5 (versi terbaru) sudah terdapat fitur untuk menggambar dengan vector, jadi gambar yang dihasilkan akan sangat jelas alias tidak pecah-pecah.
Masih banyak fitur keren lain yang ada di Anime Studio ini, diantaranya adalah :
·         Bone Rigging (mampu menggambar animasi di tiap frame)
·         FBX Support (untuk mengeskport hasil animsi ke unity (untuk dibuat game)



3.       MAYA (3D)

Software animasi yang satu ini sama sekali tidak saya sarankan untuk Anda yang masih pemula, karena dari tampilan atau istilah teknisnya UI (user interface) menurut saya pribadi tidak terlalu User Friendly. Hal ini jelas akan membuat Anda kesusahan ketika ingin membuat sebuah animasi menggunakan Software Maya 3D ini.

Namun jika Anda sudah memiliki mentor atau paling tidak buku panduan, bisa ebook atau buku asli, maka saya yakin Anda akan mampu membuat animasi kelas dunia. Karena memang pada dasarnya software maya dibuat untuk orang-orang yang bekerja di dunia film. Harga untuk Software Maya adalah $1,995 atau jika dirupiahkan setara dengan 23 juta.

Fitur terbaik yang ada di Maya antara lain:

·         Bifrost Procedural Effects Platform (untuk melakukan rendering secara detail)
·         XGen Arbitrary Primitive Generator (untuk membuat rambut otomatis)
·         Geodesic Voxel Binding (untuk membuat tokoh animasi)


     LIGHTWAVE (3D)

Tidak jauh berbeda dengan Maya, Ligthwave juga merupakan salah satu software yang sangat ampuh untuk membuat animasi 3D. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali fitur yang bisa Anda gunakan, dan kabar baiknya adalah Lightwave bisa Anda coba selama 30 Hari pertama (trial).
Untuk Anda pengguna Mac OSX boleh berbangga, karena software Lightwave tidak hanya tersedia untuk Windows, namun juga sudah bisa diunduh dan digunakan untuk pengguna Apple Mac OSX. Namun jangan bangga dulu, karena harga dari software ini hampir setara dengan harga komputer Anda tersebut, yaitu seharga $995.
5.       MonkeyJam

Perangkat lunak animasi gratis yang membantu pengguna menciptakan animasi dengan mudah. Salah satu software animasi yang paling berguna yang memungkinkna pengguna untuk merekam animasi mereka sendiri dengan menggunaka fitur stop motion

Sqirlz Morph

Sqirlz Morph adalah salah satu aplikasi animasi gratis terbaik yang tersedia secara gratis di internet. Aplikasi ini adalah utilitas animasi yang sangat sederhana yang memungkinkan pengguna mengediit atau morphing beberapa gambar dan video dengan mudah. Aplkasi ini mendukung system operasi Windows

 


1 komentar:

  1. terima kasih, sejarah tersebut akan membantu saya untuk lebih memahami tentang animasi,dan akan memudahkan pembelajaran di jenjang SMK ini...moga sukses terus

    BalasHapus