Neraca Lajur
Neraca
lajur adalah suatu kertas
berkolom-kolom(berlajur-lajur) yang dirancang untuk menghimpun semua data
akuntansi yang dibutuhkan pada saat perusahaan akan menyusun laporan-laporan
keuangan dengan cara yang sistematis. Neraca lajur biasa disebut kertas
kerja(work sheet). Neraca lajur sebenarnya bukan bagian dari catatan-catatan
akuntansi yang formal.
Neraca lajur sangat bermanfaat untuk
memeriksa data yang akan disajikan dalam laporan keuangan. Dalam neraca lajur,
saldo akun-akun buku besar disesuaikan,diseimbangkan dan disusun menurut
cara-cara yang sesuai dengan penyusunan akun-akun dalam laporan keuangan.
Tujuan pembuatan neraca lajur:
- Untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan
- Untuk menggolongkan dan meringkas informasi dari neraca saldo dan data penyesuaian sehingga merupakan persiapan sebelum disusun laporan keuanganyang formal.
- Untuk mempermudah menemukan kesalahan yang mungkin dilakukan dalam membuat jurnal penyesuaian
- Memasukkan saldo-saldo yang terdapat dalam rekening buku besar ke dalam kolom Neraca Saldo (NS) pada formulir neraca lajur, di mana jumlah debit dengan jumlah kredit harus sama.
- Membuat jurnal penyesuaian dengan menganalisis data dan memasukkan ke dalam neraca lajur kolom Ayat Penyesuaian (AP).
- Menjumlahkan atau mencari selisih antara kolom Neraca Saldo dengan kolom Ayat Penyesuaian, dan mengisi kolom Neraca Saldo setelah Disesuaikan (NSD).
- Memindahkan jumlah-jumlah di dalam kolom Neraca Saldo setelah Disesuaikan ke dalam kolom Laba/Rugi dan kolom Neraca.
b. Untuk rekening nominal atau laba rugi yakni rekening Pendapatan dan Beban, harus dipindahkan ke dalam neraca lajur kolom Laba/rugi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar